Pengertian Pembelajaran Tematik

Pembelajaran Tematik merupakan salah satu metode pembelajaran yang terintegrasi dalam berbagai mata pelajaran dengan menggunakan tema tertentu.

Pembelajaran tematik adalah metode belajar yang menggabungkan  kreatifitas murid dan keterlibatannya dalam aktivitas belajar.

Karakteristik Pembelajaran Tematik

  1. Holistik
  2. Bermakna
  3. Otentik
  4. Aktif

Jenis-jenis Pembelajaran Tematik

a. Penggalan (Fragmented)

Model Fragmented merupakan motode pembelajaran dengan memisahkan mata pelajaran.

b. Keterhubungan (Connected)

Metode Connected adalah metodel pembelajaran yang menyatukan konsep atau topic dalam 1 mata pelajaran

c. Sarang (Nested)

Metode Nested merupakan metode pembelajaran terintegrasi yang memiliki target mampu mengaitkan pelajaran dengan kemampuan berfikir siswa.

d. Sequenced (Pengurutan)

MetodeSequenced merupakan metode belajar dengan tema yang disusun ulang dan kemudian diurutkan agar topic-topik materi belajar bisa selaras dan berurutan.

e. Irisan (Shared)

Metode shared merupakan metode belajar  yang terintegrasi antara beberapa pelajaran yang berkaitan dan melengkapi. Menggabungan  konsep mata pelajaran, sikap dan keterampilan yang  nantinya dapat berhubungan dengan topic yang sama .

f. Jaring Laba-laba (Webbed)

Metode webbed merupakan metode belajar yang terintegrasi demgan menggunakan pendekatan tematik. Pendekatan tematik pengembangannya menentukan topic terlebih dahulu. Jika sudah ada topic maka akan dengan mudah membuat keterkaitan sub topiknya. Ya tentunya diiringi dengan aktivitas belajar yang mendukung.

g. Bergalur (Threaded)

Metode Threaded merupakan metode belajar yang memfokuskan pada meta kurikulum yang menggantikan atau yang berpotongan dengan inti subyek materi. Keterampilan yang digunakan dalam metode belajar ini disesuaikan dengan perkembangan usia murid supaya  tidak terjadi tumpang tindih.

h. Keterpaduan (Integrated)

Menintegrasikan mata pelajaran yang berkaitan dengan mata pelajaran lainnya dengan menggunakan dan menghadirkan satu tema.

i. Terbenam (Immersed)

Metode immersed merupakan metode belajar yang melibatkan beberapa mata pelajaran dalam satu proyek.

j. Jaringan Kerja (Networked)

Metode networked merupakan metode belajar kerjasama diantara murid dengan ahli dalam mencari data, keterangan, atau lainnya yang berhubungan dengan mata pelajaran yang diminatinya sehingga murid secara tidak langsung mencari tahu dari berbagai sumber. Sumber bisa berbentuk buku, internet, TV, saluran radio, kakak, orangtua, teman atau juga guru yang mungkin dianggap ahli oleh siswa.

Langkah-langkah Pembelajaran Tematik

a. Mengamati

b. Tanya jawab

c. eksperimen/Mengumpulkan informasi

d. memproses informasi/Mengasosiasi

e. komunikasi

Metode belajar dengan menggunakan tematik (topik) sangat memiliki peran penting dalam meringankan siswa dalam mempelajari dan memahami materi yang tergabung di dalam sebuah topic juga pastinya memotivasi siswa dalam belajar karna materinya riil dan akan mudah diketahui dan dipahami oleh siswa

Sekian artikel dari pengertian pembelajaran tematik, semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi kita semua terutama bagi para orangtua, guru dan murid.

Cukup sekian sharing kunci jawaban tematik hari ini dan Terima kasih.

About the Author: Cipoh